Manfaat Buah Rambutan Untuk Ibu Hamil

Rambutan adalah buah yang tumbuh di daerah tropis seperti indonesia yang kaya akan tumbuhan rambutan. Saat musim berbuah rambutan bisa sangat mudah kita peroleh dengan harga yang sangat terjangkau dengan kualitas yang lumayan baik, biasanya di bandrol 5000 rupiah per kilogramnya. 

Buah rambutan memiliki rasa yang manis dan berwarna putih serta kadar air di dalamnya cukup tinggi ini mengindikasikan rambutan merupakan buah yang memiliki banyak manfaat dan salah satunya untuk ibu hamil. Sebenarnya tidak hanya buahnya saja yang dapat kita manfaatkan, tetapi kulit buah, daun, kayu dan biji rambutan dapat di jadikan obat-obatan tradisional seperti untuk mengatasi kencing manis dan menutrisi rambut. 

Manfaat Buah Rambutan Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil cenderung di sarankan mengkonsumsi buah-buahan dan salah satu buah yang dapat menjadi pilihan adalah rambutan. Alasannya karena rambutan adalah buah yang bernutrisi tinggi untuk para ibu hamil. 

Kandungan Nutrisi Buah Rambutan per 100 g 
Energi 343 kJ (82 kcal)
karbohidrat 20,87 g
Serat makanan 0,9 g
lemak 0,21 g
protein 0.65 g
Kandungan Vitamin
Tiamin (B1) 0,013 mg
Riboflavin (B2) 0,022 mg
Niacin (B3) 1,352 mg
Vitamin B6 0,02 mg
Folat (B9) 8 mg
Vitamin C 4,9 mg
Kandungan Mineral
Kalsium 22 mg
Besi 0,35 mg
Magnesium 7 mg
Mangan 0,343 mg
Fosfor 9 mg
Kalium 42 mg
Sodium 11 mg
Zinc 0.08 mg

Manfaat Buah Rambutan Bagi Ibu Hamil 

Kandungan gizi dari buah rambutan pastinya ada manfaatnya untuk kesehatan tubuh, berikut ini ulasan manfaat yang bisa di peroleh dari mengkonsumsi buah rambutan :

Buah Sumber Energi Untuk Ibu Hamil
Saat melahirkan ibu hamil membutuhkan energi yang cukup banyak dan buah rambutan adalah salah satu buah yang kaya akan karbohidrat. Karbohidrat ini kemudian oleh tubuh kita ginukan untuk di jadikan tenaga atau energi.

Buah yang Memiliki Vitamin C
Rambutan adalah buah yang terkadung di dalamnya vitamin C yang berguna untuk kesehatan tubuh, salah satu kegunaan vitamin C adalah untuk membantu penyerapan zat besi dan mempertajam kesadaran ibu hamil.

Artikel Terkait : Manfaat Buah Manggis Untuk Ibu Hamil

Buah Yang Memiliki Antioksidan
Antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas yang membahayakan kesehatan. Buah rambutan kaya akan vitamin C sebagai atioksidannya.

Menjaga Kesehatan Tulang Dan Otot
Terkadang ibu hamil mengalami gangguan pada tulang dan otot, dengan mengkonsumsi rambutan dapat menjaga kesehatan tulang dan otot sebab mengandung kalsium dan fosfor yang berperan penting dalam pembentukan dan penguatan pada tulang.

Mencegah Kurangnya Sel Darah
Alasan mengapa rambutan dapat mencegah kurangnya sel darah merah atau anemia sebab rambutan mengadung zat besi yang berfungsi mengontrol produksi sel darah merah dan vitamin C untuk membantu tubuh dalam menyerap zat besi.

Mengadung Asam Folat (Vitamin B9)
Vitamin ini sebenarnya tidak hanya baik untuk ibu hamil tetapi juga di anjurkan untuk wanita yang merencanakan kehamilan. Fungsi asam folat adalah untuk membantu pembentukan janin dan mencegah cacat syaraf otak. Saran kami Anda juga membaca postingan ini (Manfaat Vitamin B9 atau Asam Folat Untuk Ibu Hamil).

Memperlancar Proses Pencernaan
Bila ibu hamil bermasalah dengan pencernaan bisa mencoba buah rambutan yang kaya akan serat untuk mengatasinya. Kegunaan serat untuk membantu alat pencernaan dalam menyerap makanan yang di konsumsi melancarkan buang air besar. Buah rambutan ini juga cocok untuk ibu hamil yang sedang diet.

Note : Rambutan adalah buah yang kaya akan nutrisi, dalam buah ini menangandung karbohidrat, lemak dan protein. Semua gizi ini di butuhkan oleh tubuh agar terjaga kesehatannya. untuk ibu hamil buah ini akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa ibu hamil dapatkan dari buah rambutan melebihi penjelasan di atas dan lain waktu insy@ akan di ulas kembali.


Semoga artikel mengenai manfaat buah rambutan untuk ibu hamil bermanfaat untuk para pembaca, jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan di share ke teman-teman terdekat anda. Sekian dan salam senyum. 
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Buah Rambutan Untuk Ibu Hamil "