Tips Mencegah Hamil Anggur

Melanjutkan bab yang sebelumnya membahas ciri-ciri hamil anggur kali ini areabumil.com akan mengulas mengenai tips bagaimana mencegah hamil anggur terjadi pada kita. Mungkin beberapa dari Anda pernah mengalaminya, sehingga mencari cara bagaimana mencegah kehamilan anggur terulang kembali.

Sampai saat ini penyebab utama hamil anggur terjadi pada seorang wanita belum di ketahui secara pasti. Namun kemungkinan yang di yakini oleh para tim medis dan para peneliti, hamil anggur atau mola hidatidosa adalah karena kekurangan nutrisi.

Pernyataan ini bukan tidak berdasarkan sebuah fakta, sebab angka penderita hamil anggur ini paling banyak terjadi di negara-negara berkembang seperti di Asia dan Afrika dengan angka rata-rata 1:100 kehamilan. Sedangkan di negara maju seperti di Eropa dan Amerika angka kejadian 1:1000 kehamilan.

Mencegah Hamil Anggur
Salah seorang wanita yang pernah mengalami hamil anggur di blog pribadinya mengungkapkan keraguannya jika penyebab hamil anggur yang dia alami adalah karena kekurangan gizi sebab asupan makanan yang dia konsumsi selalu baik.

Oleh sebab itu sampai saat ini penyabab pasti terjadinya hamil anggur belum terjawab seutuhnya.

Proses terbentuknya hamil anggur memiliki beberapa teori diantaranya adalah karena sel telur yang tidak sehat atau kelainan kromosom dalam proses pembuahan sehingga pembuahan yang seharusnya berkembang menjadi janin justru yang tumbuh adalah jaringan mola berbentuk gelembung kecil menyerupai anggur

Penyebab kelainan sel telur dan kromosom ini di duga karena tubuh dalam kondisi yang kurang baik akibat nutrisi tubuh tidak terpenuhi semuanya.

Beberapa Terori ini telah saya jelaskan pada artikel : Apa itu hamil anggur atau mola hidatidosa

Sehubungan dengan cara pencegahan hamil anggur ternyata metode terbaiknya adalah merencanakan kehamilan dengan baik. Alasan mengapa merencanakan kehamilan itu perlu? Sebab dengan perencanaan kita dapat mengurangi resiko-resiko yang mungkin akan terjadi di kemudian hari.

Praktek dari penyusunan rencana kehamilan adalah dengan mempersiapkan diri dengan matang baik calon ibu maupun calon ayah yang harus memiliki kondisi tubuh yang sehat  dan bugar. Kondisi ini akan tercapai dengan mengkonsumsi makanan sehat seimbang dan disertai dengan olahraga yang baik.

Makanan sehat seimbang itu seperti apa, dan apa hubungannya dengan hamil anggur? Makanan sehat seimbang itu adalah makanan yang kita konsumsi sesuai dengan kebutuhan nutrisi harian tubuh, misalakan tubuh kita membutuhkan kalsium setiap hari 700-1000mg, maka artinya kita harus mengkonsumsi makanan yang mengandung total kalsium 700 hingga 1000mg setiap harinya. Hal ini berlaku untuk nutrisi lainnya seperti asam folat, berbagai vitamin dan mineral.

Artikel terkait : Manfaat Penting Asam Folat Untuk Ibu Hamil dan Wanita Yang Merencanakan Kehamilan

Apa bila tubuh terpenuhi kebutuhan nutrisinya maka semua organ tubuh kita akan bekerja normal termasuk organ reperoduksi yang berperan peran penting di dalam proses kehamilan normal, dengan hal ini resiko terjadinya hamil anggur dapat diperkecil.

Bagi Anda yang pernah mengalami hamil anggur untuk mencegahnya kembali sebaiknya memeriksakan tubuh kedokter kandungan untuk memastikan apakah Anda telah siap untuk hamil kembali. Jika dokter telah mengijinkan Anda untuk hamil kembali maka alangkah baiknya untuk tetap membuat perencanaan kehamilan untuk mempersiapkan diri dengan baik dari segi kesehatan maupun ekonomi.

Kesimpulan : Sebalum hamil pastikannlah tubuh kita (Suami dan istri) dalam kondisi yang sehat agar semua organ tubuh bekerja dengan normal sehingga hal-hal yang beresiko terhadap kehamilan (salah satunya adalah hamil anggur) dapat di minimalisir, dengan demikian Anda juga malakukan pencegahan dari terjadinya hamil mola hidatidosa.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Mencegah Hamil Anggur "